Menu Atas

Iklan

ABI Wonosobo
Jumat, 10 Juni 2016, Juni 10, 2016 WIB
Last Updated 2020-08-12T07:13:51Z
newsteladan

PENDIDIKAN KARAKTER

WONOSOBO BAYT TAMYIZ JUNIOR HIGH SCHOOL (JHS) 
TEMPAT BELAJARNYA MANUSIA
Oleh : Rizqa Nur Azizah


Wonosobo Bayt Tamyiz Junior High School (JHS)  adalah tempat untuk mencari Ilmu , menuju kesuksesan, dan meraih cita-cita.Letaknya yang sangat strategis di jalanDieng KM.09 Mayasari, Garung, Wonosobo,Jawa Tengah. 
Meskipun Fasilitas belum bagus sebagaimana sekolah kebanyakan, seperti gedung yang megah, mewah, Indah, juga buku-buku belum begitu lengkap, Tapi belajar disini sangat menyenangkan, untuk pelajaran tertentu, kelas 7 sampai 12 digabung dalam satu ruangan untuk belajar bersama-sama. memperdalam materi ajar seperti Mental matematika ( Math Fast ), pembiasaan berbahasa Inggris ( Mental English Fast ), menghafal rumus-rumus Fisika ( mental formula phisyc ), terjemah alqur'an dan kitab klasik ( Qoran and Islamic Clasic Books Translate ) by LADUNI METHOD.
Disamping belajar sebagai seorang peserta didik, Kami disini juga belajar menjadi seorang ustadz untuk menjelaskan dan mengajar berbagai materi sebelum dijelaskan dan diajarkan oleh ustadz. dan apa bila teman-teman sudah merasa cukup pernjelasan dari peserta didik maka selanjutnya ustadz tidak perlu lagi mengajar materi tersebut. yang kemudian kami menyebutnya dengan istilah LEARNING BY TEACHING. 
Di Wonosobo Bayt Tamyiz Junior High School tempat untuk seorang manusia belajar. karena kami para peserta didik tidak pernah stres meski belajar pada materi yang paling sulit. karena semuja pelajaran dirumuskan dalam bentuk nyanyian sehingga menjadi lebih mudah dalam mengingatnya. 
ustad hanya bertugas mengatur waktu masuk dan waktu istirahat atau mengingatkan kalau ada temen atau peserta didik yang berisik mengganggu belajar temen yang lain. 
belajar disekolah ini, peserta didik tidak boleh setres dan sedih, harus selalu ceria, senang dan gembira. kalau ada yang kecapaian karena sakit, boleh minta ijin sekedar untuk istirat atau tiduran keluar dari ruang belajar. 
Semua aturan belajar ditentukan secara musyawarah temen-temen seluruh peserta didik. dan ustadz hanya mengontrol pelaksanaan hasil musyawarah tersebut. 
Intinya belajar disini tidak ada tekanan dari manapun, asaatidz ( para ustadz ) hanya memberikan dorongan apabila diantara kami ada yang dilanda kesulitan atau keputus asaan. Ustadz tidak boleh marah, kami tidak boleh marah dan semuanya tidak boleh marah semuanya harus saling membantu. puncak kesuksesan belajar disini adalah kesadaran dan tanggung jawab akan masa depan dunia maupun akhirat. 
Kalaupun ada temen peserta didik membuat kesalahan yang fatal sekalipun, ustadz tidak pernah marah karena itu sudah menjadi tanggung jawab masing - masing, bahkan malah dibantu menyelesaikannya. 
Disamping itu, Pemandangan di sekitar Wonosobo Bayt Tamyiz Junior High School sangat indah karena banyaknya pepohonan hijau, udara yang segar, sejuk, dan banyak sekali oksigen dibandingkan karbondioksidanya, disebelah kiri terdapat pemandangan gunung Sindoro tinggi menjulang, sangat indah saat terbitnya matahari, semua hijau dengan pepohonan yang menghiasi gunung Sindoro,dan dibelakang terdapat pemandangan yang tidak kalah dengan gunung Sidoro yaitu pemandangan pegunungan Dieng saat terbitnya matahari sangat Indah .Dikomplek pegunungan Dieng inilah terdapat bukit Sikunir dan gunung Prau yang setiah hari libur di kunjungi turis baik manca negara maupun domestik untuk melihat terbitnya matahari (sun rise), dari bukit dan puncak gunung prau inilah bisa melihat laut jawa dan kota Semarang. 
Ya begitulah disini kami sangat menikmati dan temen-temen yang mau wisata ke pegunungan Dieng Boleh mampir, tempatnya persis Jl Dieng Km 10 dikomplek gerbang masuk wisata pegunungan Dieng Mayasari, Siwuran, Garung Wonosobo, sampai jumpa lagi untuk tulisan berikutnya. RNA
http://www.wonosobobisnis.com/2016/06/wonosobo-bayt-tamyiz-junior-high-school.html